top of page
Gambar penulisArif Wijaya

Penerjemah Ijazah Tersumpah, Alasan Penting Menggunakannya

Diperbarui: 18 Mei

Bagi Anda yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi di luar negeri, tentunya Anda akan membutuhkan ijazah yang diterjemahkan ke bahasa Inggris. Penerjemah ijazah tersumpah merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang ingin menerjemahkan ijazah yang Anda miliki untuk lanjut menjadi mahasiswa Internasional.



Penerjemah Ijazah Tersumpah


Mengapa harus menggunakan penerjemah yang bersertifikat dan tersumpah? Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.


Alasan Harus Menggunakan Penerjemah Ijazah Tersumpah


Penerjemah tersumpah merupakan suatu jabatan publik yang ada di bidang penerjemahan. Tugasnya yaitu diberikan wewenang khusus oleh Pemerintah dalam menerjemahkan berbagai dokumen serta diakui keabsahannya oleh instansi pemerintahan. Menggunakan jasa penerjemah ijazah merupakan salah satu upaya yang bisa Anda lakukan supaya hasil terjemahan yang didapat akurat.



Penerjemah Tersumpah Arif merupakan salah satu penerjemah profesional yang bersertifikat yang sudah terbukti keahliannya baik itu di bidang terjemahan hukum, penjurubahasaan hingga sebagai konsultan. Berbagai brand terkenal telah menjadi klien kami untuk mengetahui lebih jelasnya bisa mengunjungi website kami di penerjemah-tersumpah-arif.com.


Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan jasa penerjemah khususnya penerjemah ijazah bagi Anda yang ingin lolos masuk ke perguruan tinggi di luar negeri.


- Perguruan tinggi memerlukan terjemahan ijazah yang bersertifikat


Tidak hanya skill, surat rekomendasi dan melengkapi berbagai aplikasi saja yang wajib disiapkan. Namun Anda juga membutuhkan jasa penerjemah ijazah untuk mendaftar ke berbagai perguruan tinggi yang ada di luar negeri. Selain itu tidak hanya sekedar jasa penerjemah yang Anda butuhkan namun Anda harus lembaga evaluasi yang melakukan pengecekan terhadap pendaftaran yang Anda lakukan juga sering memerlukan sertifikasi terhadap produk terjemahan itu.



Mengapa harus yang bersertifikat dan tersumpah? Alasannya tentu saja karena dengan adanya sertifikasi ini hasil terjemahan Anda memiliki kekuatan hukum dan dapat dipertanggungjawabkan terhadap terjemahan dokumen tersebut.


Namun perlu diketahui juga bawa tidak semua organisasi mensyaratkan demikian hanya beberapa saja. Namun sangat disarankan untuk menggunakan jasa penerjemah tersumpah karena biasanya Anda akan membutuhkan terjemahan yang bersertifikat dan dilindungi secara hukum.


- Untuk melamar pekerjaan di luar negeri


Ketika Anda ingin melamar pekerjaan di luar negeri baik yang memerlukan keterampilan khusus atau tidak sekali pun, Anda akan diminta untuk mengajukan dokumen-dokumen pendidikan dan pelatihan Anda, seperti ijazah dan sertifikat. Oleh karena itu, agar dapat dipercaya dan terjamin kualitasnya Anda perlu menerjemahkan dokumen tersebut kepada seorang Penerjemah Tersumpah yang telah diakui oleh negara.


- Penerjemah ijazah tersumpah sangat menguasai berbagai kosakata khusus


Alasan selanjutnya karena jasa penerjemah khusus untuk menerjemahkan ijazah telah menguasai berbagai kosakata khusus yang ada pada ijazah. Seperti yang diketahui pada setiap ijazah terdapat beberapa detail penting dan khusus yang harus diperhatikan semuanya.


Penerjemah profesional telah memahami berbagai istilah akademis serta bisa dengan mudah menyampaikan bahasa pada ijazah maupun transkrip. Jasa penerjemah ijazah ini telah berpengalaman dalam menerjemahkan stempel, perangko maupun aspek teknis lainnya yang ada pada ijazah.


Upaya yang dilakukan ini juga akan mempermudah para petugas penerimaan sebab tidak perlu lagi melakukan interpretasi bahasa. Jika ijazah yang Anda kirimkan mudah dibaca oleh petugas maka pihak universitas akan lebih fokus terhadap pencapaian yang telah Anda miliki. Jadi tidak fokus terhadap hasil terjemahan yang berada di bawah standar hingga melupakan berbagai hal yang telah Anda capai.


Perlu diketahui juga bahwa jasa penerjemah ijazah biasanya bisa memenuhi berbagai permintaan khusus yang mungkin disyaratkan oleh perguruan tinggi maupun lembaga evaluasi. Jadi penerjemah biasanya akan menyimpan hasil terjemahan sesuai dengan format dokumen aslinya jika terdapat permintaan yang diajukan.


Maka dari itu supaya Anda lolos seleksi dan memenuhi apa yang diminta oleh pihak perguruan tinggi yang Anda tuju, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu pada pihak perguruan tinggi terkait persyaratan terjemahan ijazah yang diperlukan.


- Jasa penerjemah ijazah tersumpah bersifat netral


Hal terpenting lainnya yang menjadi alasan mengapa Anda harus menggunakan jasa penerjemah ijazah adalah bersifat netral. Dengan begitu Anda tidak akan merasa khawatir ataupun canggung dalam mengirimkan dokumen pribadi ke jasa penerjemah profesional yang Anda inginkan.


Hal tersebut karena biasanya jasa penerjemah hanya memperhatikan kekurangan dari terjemahan melalui sertifikat. Selain itu perguruan tinggi maupun semua organisasi juga akan lebih menyukai penerjemah netral berpengalaman dan juga profesional. Jadi dibandingkan bekerja sama dengan teman Anda yang mempunyai skill dwibahasa akan lebih baik jika menggunakan jasa penerjemah yang bersertifikat dan tersumpah.


- Hasil penerjemahan tepat serta akurat


Ketika menggunakan jasa penerjemah ini, Anda sudah tak perlu khawatir lagi terkait kualitas terjemahan. Hal tersebut karena hasil terjemahannya pasti sudah akurat. Profesi yang satu ini sudah melewati berbagai ujian sertifikasi yang telah menguji kemampuan para ahli untuk menerjemahkan berbagai hal khususnya untuk memahami konteks bahasa asli maupun bahasa tujuan.


Apabila seorang ahli bahasa telah dinyatakan lolos terhadap ujian yang dilakukan maka ahli tersebut akan melakukan pengukuhan penerjemah tersumpah yang dilakukan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM. Sama seperti notaris, dengan bermodalkan SK (Surat Keputusan) dari Menteri Hukum dan HAM (MENKUMHAN) inilah seorang ahli penerjemah profesional dapat melakukan praktiknya.


Selain itu para ahli ini juga memiliki kemampuan dalam menjaga keakuratan dokumen asli. Penerjemah profesional juga sangat mengerti mengenai terminologi teknis serta hukum yang mungkin diterapkan pada dokumen tersebut. Dengan demikian penerjemah akan menjamin terjemahan secara akurat.


Tidak hanya akurat, dengan pengalaman serta keterampilan yang dimiliki dan terus terasah juga membuat penerjemah dapat menyelesaikan terjemahan secara tepat waktu. Untuk beberapa kasus, penerjemah profesional bahkan dapat menyelesaikan pekerjaannya untuk waktu yang singkat dibanding apabila Anda mencoba menerjemahkan dokumen sendiri ataupun menggunakan aplikasi translate.


- Terbukti bersifat legal


Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa hasil terjemahan dari penerjemah ijazah tersumpah sudah bersertifikat yang mana biasanya terdapat tanda tangan dan cap resmi yang dikeluarkan pihak berwenang. Hal inilah yang menandakan adanya jaminan terhadap hasil terjemahan tersebut akurat serta berasal dari penerjemah yang sangat kompeten.


Dengan sifat yang resmi ini maka lembaga pemerintah ataupun organisasi internasional lainnya dapat mengakui keabsahannya. Dengan begitu, hasil terjemahan tersebut dapat dikatakan sah secara hukum serta dapat dipakai untuk kebutuhan yang legal. Seperti yang diketahui dokumen penerjemah legal merupakan keinginan semua orang.


- Bertanggung jawab terhadap hasil terjemahannya


Alasan selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu layanan yang diberikan jasa penerjemah tentu saja dapat dipertanggung jawabkan. Seperti yang diketahui kinerja dari para penerjemah profesional sudah tidak perlu diragukan lagi.


Dengan adanya nilai ujian potensi penerjemah yang dimiliki telah menandakan seberapa profesionalnya jasa layanan yang diberikan. Maka dari itu jasa penerjemah sangat direkomendasikan bagi semua kalangan termasuk dalam menerjemahkan ijazah.


- Rahasia data terjamin keamanannya


Saat memberikan dokumen termasuk ijazah ke penerjemah tersumpah maka kerahasiaan terhadap dokumen yang Anda miliki akan terjamin. Hal tersebut karena para ahli sudah menandatangani perjanjian yang isinya tentang kode etik yang mengharuskan untuk menjaga kerahasiaan dari dokumen yang diterjemahkan. Jadi Anda tak perlu khawatir dokumen yang ingin diterjemahkan bocor ataupun disalahgunakan untuk tujuan yang lainnya.


Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan penerjemah ijazah tersumpah. Semoga bermanfaat.

140 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page