top of page
  • Gambar penulisArif Wijaya

Penerjemah Dokumen Tersumpah, 5 Alasan Memilihnya

Profesi penerjemah dokumen tersumpah banyak dibutuhkan dalam berbagai sektor, baik pendidikan, hukum, bisnis, dan sebagainya. Hal ini karena mereka dirasa sudah sangat kompeten dan memiliki profesionalitas tinggi dalam menjalankan tugasnya.



Penerjemah Dokumen Tersumpah Arif


Perlu dipahami jika profesi penerjemahan tidak hanya sekadar mengubah bahasa asal suatu teks ke dalam bahasa lain yang menjadi tujuan. Dibandingkan penerjemah biasa, terdapat profesi penerjemah tersumpah yang lebih khusus menangani berbagai dokumen atau teks resmi.


Peran Penting Penerjemah Dokumen Tersumpah


Seorang penerjemah tersumpah adalah seorang individu yang telah lulus ujian sertifikasi dan menjalani pelatihan intensif guna memastikan bahwa pengetahuan dan kemampuan terjemahannya terpercaya. Terlebih, penerjemah tersumpah berperan penting dalam menerjemahkan beberapa dokumen berikut:


1. Dokumen sekolah ke luar negeri


Kalau Anda bermaksud untuk melanjutkan sekolah atau ke luar negeri, tentu banyak dokumen yang harus disiapkan. Sayangnya, dokumen-dokumen tersebut umumnya hanya menggunakan bahasa Indonesia sehingga kurang dapat diterima oleh sekolah atau kampus tujuan.



Di sinilah peran penerjemah tersumpah yang akan membantu Anda menerjemahkan dokumen-dokumen penting tersebut. Tentunya, tidak hanya sekadar menerjemahkan dokumen, namun juga membuat dokumen tampak asli, legal, dan tetap terlindungi secara hukum.


2. Dokumen tenaga kerja


Seorang penerjemah dokumen tersumpah juga dapat melakukan pengalihbahasaan pada dokumen-dokumen ketenagakerjaan, baik dokumen tenaga kerja asing yang datang ke Indonesia atau berbagai dokumen penting milik tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja ke luar negeri.



Dokumen penting seperti akta kelahiran, sertifikat, hingga surat-surat penting lainnya harus diterjemahkan secara akurat dan jelas tanpa mengubah format aslinya. Dengan begitu, dokumen tersebut akan tetap berlaku dan dikenali sebagai dokumen yang sama.


3. Dokumen hukum dan instansi


Berbagai produk hukum juga sering kali menggunakan jasa penerjemah tersumpah. Anda mungkin akan menerjemahkan dokumen seperti sertifikat tanah, SKCK, hingga berbagai perjanjian lain secara mudah dan akurat. Di sinilah penerjemah tersumpah berperan agar tidak asal memberikan terjemahan.


Selain itu, menerjemahkan dokumen-dokumen hukum yang berkaitan dengan instansi pemerintahan juga menjadi salah satu tugas dari penerjemah tersumpah. Tidak mengherankan jika biasanya lembaga penerjemahan juga menggandeng ahli hukum agar hasil terjemahan tidak menyimpang.


4. Dokumen perdagangan


Beberapa perusahaan juga kerap menggunakan jasa penerjemah dokumen tersumpah dalam menangani berbagai perjanjian kerja sama maupun surat dagang ekspor-impor. Dokumen-dokumen tersebut bersifat mengikat sehingga harus diterjemahkan secara baik.


Perannya sangat penting dalam menyukseskan perdagangan antar negara, terlebih tidak jarang dokumen hasil terjemahan akan disertai dengan surat sumpah yang menandakan bahwa dokumen diterjemahkan tanpa adanya tambahan atau pengurangan.


Mengapa Harus Memilih Penerjemah Dokumen Tersumpah?


Seorang penerjemah tersumpah sudah pasti memiliki kewenangan yang berbeda dengan penerjemah biasa. Oleh karena itu, Anda wajib memilih penerjemah tersumpah untuk beberapa keperluan penting. Berikut beberapa alasannya:


1. Menjamin hasil penerjemahan yang akurat


Hasil kerja seorang penerjemah dokumen tersumpah sudah pasti berkualitas dan akurat, terlebih mereka telah menjalankan proses sertifikasi yang sangat ketat. Seorang penerjemah tersumpah juga sudah mendapatkan pengakuan dari lembaga penerjemah dan pemerintah.


Selain itu, seseorang yang berprofesi sebagai penerjemah tersumpah tidak hanya sekadar mengetahui dua bahasa yang akan saling diterjemahkan. Mereka juga mempunyai pengetahuan yang luas mengenai struktur kebahasaan hingga terminologi atau istilah-istilah khusus dalam bidang tertentu.


Oleh karena itu, dapat dipastikan jika hasil pekerjaan mereka akan menghasilkan informasi yang tidak hanya akurat, namun juga sesuai dengan konteks dokumen aslinya. Dokumen resmi yang diterjemahkan tidak akan diubah terlalu banyak sehingga dapat dipastikan keabsahannya.


2. Memberikan perlindungan hukum


Penerjemahan dokumen legal sudah pasti harus dilakukan secara terpercaya dan memiliki kualitas yang tinggi. Itulah mengapa diperlukan jasa penerjemah tersumpah yang resmi dan bersertifikasi sehingga setiap isi dokumen tetap memenuhi syarat dan sah di mata hukum.


Dalam dokumen resmi, setiap informasi yang tertera harus diterjemahkan secara baik dan tidak boleh ada yang terlewat. Dengan demikian, nilai dokumen asli dan terjemahan akan tetap sama dan dapat dipertanggungjawabkan.


Berbagai dokumen penting seperti akta kelahiran, dokumen persidangan, hingga berbagai produk hukum lain harus tetap dipastikan keasliannya meskipun sudah diterjemahkan dalam bahasa lain. Anda wajib memilih jasa penerjemah tersumpah untuk memastikan legalitas dokumen tersebut.


3. Kredibilitas bisnis semakin meningkat


Jasa penerjemah dokumen tersumpah juga akan membantu meningkatkan kredibilitas bisnis karena dokumen yang diterjemahkan akan disesuaikan dengan standar internasional. Hal ini penting bagi para pemilik bisnis dalam memperkuat citranya dan meningkatkan kepercayaan klien maupun pelanggan.


Seperti yang telah diketahui, penerjemah tersumpah akan membantu menerjemahkan berbagai dokumen resmi, termasuk dokumen bisnis, kerja sama, hingga dokumen perdagangan ekspor-impor. Apabila dokumen tersebut tidak diterjemahkan secara baik, tentu akan merusak bisnis tersebut.


Dokumen hasil penerjemahan tersumpah tentu tidak hanya sekadar terjemahan biasa yang mudah dipahami, namun harus sesuai dengan aslinya sehingga tidak membatalkan keabsahannya. Jika suatu bisnis menggunakan dokumen terjemahan yang baik, tentu kepercayaan klien akan meningkat.


4. Mencegah kesalahpahaman


Pertumbuhan ekonomi dunia dan perdagangan lintas negara tentu akan menghadapi tantangan tersendiri seperti perbedaan bahasa. Perbedaan ini tentu akan menyulitkan pihak-pihak yang terlibat karena mereka tidak saling memahami bahasa satu sama lain.


Padahal, kerja sama bisnis hanya akan dianggap sah secara hukum apabila terdapat perjanjian yang mengikat. Oleh karena itu, peran penerjemah tersumpah sangat penting untuk menjadi jembatan dalam mengurangi kesenjangan bahasa dan kesalahpahaman pihak-pihak yang bekerja sama.


Salah satu tugas seorang penerjemah tersumpah yakni menerjemahkan berbagai dokumen resmi yang berkaitan dengan bisnis dan kerja sama perdagangan. Mulai dari dokumen perjanjian, surat keputusan, hingga berbagai dokumen dan peraturan perundang-undangan terkait.


5. Kualitas dan kecepatan penerjemahan yang seimbang


Tidak jarang, seseorang membutuhkan hasil penerjemahan dokumen yang cepat dan disesuaikan dengan timeline kebutuhannya. Dengan memilih jasa penerjemah tersumpah, dokumen penerjemahan yang Anda butuhkan tentu akan sesuai harapan dari segi waktu dan kualitas pengerjaan.


Seorang penerjemah tersumpah diyakini mempunyai pengetahuan yang luas dan pengalaman penerjemahan dokumen yang mumpuni. Hal tersebut sudah pasti membuat mereka dapat menjalankan tugasnya dengan cepat dan efisien sesuai permintaan klien.


Meskipun begitu, kualitas hasil penerjemahan tidak akan diabaikan. Terlebih, penerjemah tersumpah bekerja di bawah hukum yang mengikat sehingga dituntut profesional. Dengan begitu, dokumen yang Anda terjemahkan tetap mempunyai hasil yang baik meskipun dikerjakan dalam waktu yang singkat.


Itulah beberapa hal yang membuat Anda harus mempertimbangkan jasa penerjemah dokumen tersumpah yang resmi dan terpercaya. Mengingat perannya yang sangat besar, memang tidak mengherankan jika tarif yang dibanderol cukup tinggi.


Jika Anda kesulitan untuk mencari jasa penerjemah terbaik, percayakan saja pada Penerjemah Tersumpah Arif. Berbagai dokumen resmi siap diterjemahkan secara akurat, baik dokumen pribadi, dokumen hukum, dan berbagai dokumen formal lainnya. Hubungi kami untuk info lebih lanjut!

 


25 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page