top of page
  • Gambar penulisArif Wijaya

Penerjemah Bahasa Mandarin Tersumpah - Resmi dan Profesional

Diperbarui: 18 Mei

Penerjemah tersumpah biasanya diandalkan untuk menerjemahkan berbagai dokumen-dokumen legalkarena diwajibkan oleh Undang-Undang. Untuk kebutuhan profesional, penerjemah tersumpah sangat dibutuhkan termasuk penerjemah Mandarin adalah salah satunya. Lalu apa yang dimaksud dengan penerjemah bahasa Mandarin tersumpah? simak lebih jelasnya pada pembahasan berikut.


Cari Penerjemah Tersumpah Mandarin ? Hubungi WA : 082190402225



Penerjemah Tersumpah Mandarin


Seputar Penerjemah Bahasa Mandarin Tersumpah


Penerjemah tersumpah merupakan seorang penerjemah yang diangkat Menteri Hukum terkait. Tugas umum mereka adalah menerjemahkan berbagai macam dokumen-dokumen hukum. Mereka juga akan mengurus penerbitan hasil terjemahan dengan dasar kekuatan hukum yang mencukupi.


Para klien penerjemah tersumpah bisa mendapatkan konsultasi juga terkait dokumen hukum yang ingin diterjemahkan. Hal yang perlu diketahui seputar dunia penerjemah yaitu tidak semuanya penerjemah itu termasuk penerjemah yang tersumpah. Lalu apa yang membedakan keduanya?


Hal yang membedakan antara penerjemah tersumpah dan yang bukan yaitu bisa dari kategori dokumen apa yang mereka bisa kerjakan. Penerjemah tersumpah punya wewenang menerjemahkan jenis dokumen tertentu yang ada kaitannya dengan legalitas profesional.


Pada sisi lain, penerjemah yang bukan tersumpah, lebih ke menyelesaikan proyek penerjemah dokumen umum. Lalu mengapa penerjemah tersumpah saja yang bisa bertugas mengurus proyek dokumen legal? Salah satu alasannya yaitu penerjemah tersumpah sudah lolos tes-tes ketat untuk mendapatkan kualifikasi penerjemah tersumpah dan diakui oleh kedutaan, kementerian, dan berbagai lembaga pemerintahan baik di dalam maupun di luar negeri.


Mereka sudah mendapatkan sertifikat kelulusan kualifikasi penerjemah tersumpah melalui lembaga sertifikasi asosiasi profesi atau Universitas Indonesia. Maka dari itu sudah jelas penerjemah tersumpah ini memiliki kualitas yang menjanjikan dan tidak perlu diragukan lagi. Kemenkumham pun mengangkat lalu mengambil sumpah penerjemah mereka sehingga mereka yang sudah tersumpah maka sudah pasti profesional.


Manfaat Penerjemah Bahasa Mandarin Tersumpah


Banyak urusan-urusan tertentu yang membutuhkan jasa penerjemah bahasa Mandarin tersumpah. Bahasa Mandarin itu sendiri merupakan salah satu bahasa paling sering dipakai di dunia. Beberapa negara menggunakan bahasa ini sebagai bahasa resmi negara mereka.


Selain Cina, terdapat negara-negara lain yang memakai bahasa Mandarin yaitu seperti Taiwan dan lainnya. Seperti yang kita tahu, Cina merupakan negara yang punya kekuatan ekonomi luar biasa untuk dunia. Banyak sekali peluang berbisnis atau pun karier dari sana.


Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa penerjemah tersumpah berbahasa Mandarin itu diperlukan. Sudah semakin banyak permintaan jasa penerjemah satu ini karena manfaatnya.


Salah satu manfaat penerjemah tersumpah adalah sudah jelas dari kualitasnya. Keahlian penerjemah Mandarin tersumpah sudah tidak perlu diragukan lagi sehingga bisa diandalkan untuk mengurus berbagai dokumen-dokumen berlandaskan hukum. Anda bisa menerjemahkan surat perjanjian, akta notaris, dokumen pengadilan dan sebagainya menggunakan jasa penerjemah tersumpah.


Supaya lebih jelas seputar manfaat penerjemah tersumpah, Anda bisa simak beberapa poin berikut.


- Menunjang urusan bisnis


Ketika Anda akan mengadakan transaksi dengan Pihak dari Tiongkok atau China, anda tentu harus membuat suatu Perjanjian dalam dua bahasa agar dapat dipahami oleh kedua belah pihak. Menurut Undang- Undang yang berwenang melakukan terjemahan seperti ini hanya Penerjemah Tersumpah.

 

Ketika ada perusahaan China yang membuka cabang di Indonesia, mereka wajib menerjemahkan Anggaran Dasar atau Akta Pendiriannya ke bahasa Mandarin, begitu juga sebaliknya untuk Perusahaan Indonesia yang mengimpor dari atau membuka cabang di  China atau Taiwan.


Banyak pebisnis yang memanfaatkan jasa penerjemah tersumpah karena bisa berdampak baik untuk cakupan penjualan atau kebutuhan marketing mereka. Kredibilitas suatu bisnis akan semakin tertunjang dengan adanya dokumen profesional seperti yang bisa didapatkan dari hasil kerja seorang penerjemah tersumpah.


Cakupan penjualan sudah tidak terbatas lagi, produk suatu bisnis bisa dipasarkan meluas hingga lingkup global. Untuk melancarkan tujuan tersebut, tentunya dibutuhkan berbagai dokumen legal yang dibuat secara profesional. Anda yang sedang melakukan aktivitas bisnis dan ingin memperluas cakupan pemasaran, tidak perlu lagi khawatir akan tata bahasa atau sebagainya.


Baik itu ketepatan tata bahasa, penggunaan diksi profesional dan sebagainya akan dibuat serelevan dan setepat mungkin oleh penerjemah tersumpah. Anda cukup mengkaji kembali produk-produk yang akan dipasarkan luas dan manajemen pemasaran Anda.


- Mengurus dokumen-dokumen perusahaan


Penerjemah bahasa Mandarin tersumpah juga bisa memberikan solusi profesional untuk kebutuhan korporasi. Sering kali perusahaan terutama perusahaan besar yang membutuhkan dokumen legal yang harus dibuat presisi dan detail agar tidak terjadi kesalahpahaman.


Dengan adanya penerjemah tersumpah, maka mengurus dokumen penting perusahaan seperti misal untuk ekspansi, sudah bukan hal yang perlu dikhawatirkan lagi. Penerjemah tersumpah akan mengurus dokumen-dokumen seperti itu termasuk syarat-syarat administrasi yang berhubungan dengan pemerintah, maupun dokumen untuk kontrak perusahaan.


Semua hasil terjemahan mereka tergolong sah dan bisa diandalkan dalam pandangan hukum. Semua dokumen tersebut bisa dipertanggungjawabkan sehingga dapat diandalkan untuk kebutuhan profesional.


- Sebagai syarat administrasi


Manfaat lainnya dari jasa penerjemah tersumpah yaitu hasil terjemahannya bisa dipakai untuk syarat administrasi. Dengan dokumen terjemahan resmi, maka Anda bisa lebih lancar dalam mengurus administrasi studi ke luar negeri misalnya. Terkadang atau bahkan sering kali dokumen terjemahan tersebut diwajibkan untuk urusan pendidikan luar negeri.


Bukan hanya terbatas untuk administrasi studi saja, penerjemah tersumpah juga bisa mengurus dokumen legal untuk administrasi kependudukan, pernikahan, atau bidang lain sebagainya. Itulah kurang lebih manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dengan bantuan penerjemah bahasa Mandarin tersumpah.


Banyak jenis dokumen yang butuh jasa ini, berbagai dokumen pribadi terkadang butuh diterjemahkan untuk urusan tertentu termasuk dokumen pernikahan. Seperti poin terakhir di atas, translator tersumpah bisa melakukan penerjemahan dokumen pendidikan. Dokumen pendidikan yang biasa diterjemahkan secara profesional itu sendiri bisa dari ijazah, surat rekomendasi, transkrip nilai dan dokumen lain sebagainya.


Lalu untuk dokumen perusahaan, bisa dalam bentuk surat izin untuk aktivitas ekspor-impor, akta pendirian, SIUP dan lain sebagainya.

 

- Untuk Keperluan Pengadilan


Dokumen berbahasa asing yang ingin dijadikan bukti di Pengadilan Indonesia atau China wajib diterjemahkan oleh Penerjemah yang diakui oleh Negara, dalam hal ini adalah Penerjemah Tersumpah.


Oleh karena itu, jasa penerjemah tersumpah sering digunakan untuk menerjemahkan dokumen yang akan menjadi bukti di pengadilan.


Tips dalam Menggunakan Jasa Penerjemah Bahasa Mandarin Tersumpah


Anda perlu ingat bahwa penerjemah tersumpah itu berbeda dengan penerjemah umum biasanya. Inilah jabatan publik khusus dalam bidang penerjemahan yang telah diberikan wewenang profesional oleh Pemerintah dalam urusan terjemah dokumen.

Maka dari itu, setiap hasil terjemahannya sudah jelas absah di hadapan instansi-instansi pemerintah. Meski begitu, ada beberapa hal tertentu yang lebih baik dipahami kembali supaya bisa mendapatkan manfaat terbaik dari penerjemah tersumpah.


- Sesuaikan penerjemah punya wewenang yang sesuai


Pertama-tama, coba pastikan kembali penerjemah terkait punya wewenang yang sesuai dalam menerjemahkan dokumen Anda. Pastikan bahasanya sesuai, jika ingin mengurus dokumen berbahasa Mandarin, maka cari penerjemah bahasa Mandarin tersumpah. Hal satu ini sangat penting karena jika dokumen Anda dikerjakan oleh pihak yang tidak punya wewenang resmi, maka pada akhirnya dokumen tersebut tidak bisa dilegalisasi atau tidak bisa mendapatkan Apostille atau tidak sah.


- Cari tahu nama penerjemahnya


Coba tanyakan terlebih dahulu nama penerjemah terkait, lalu sesuaikan dengan daftar nama resmi di data resmi berdasarkan SK Menteri Hukum & HAM. 


- Pastikan kembali formatnya sesuai


Cari tahu juga format umum dan resmi dari HPI karena lembaga penerjemah Indonesia tersebut punya rekomendasi format tersendiri. Baik itu dari jenis format kertas, font, spasi, margin dan lain sebagainya. Dokumen tersebut juga perlu terdapat tanda tangan dan cap untuk memperjelas identitasnya.


Apakah ada dari Anda yang sedang mencari penerjemah bahasa Mandarin tersumpah resmi dan bersertifikat? Anda bisa pertimbangkan Penerjemah Tersumpah Arif untuk mengurus setiap dokumen penting Anda untuk secara resmi diakui dan punya kekuatan hukum.

Anda bisa dapatkan konsultasi terbaik untuk urusan legalisasi atau Apostille dan sebagainya di sini. Untuk mencari tahu lebih lanjut, Anda bisa kunjungi situs Penerjemah Tersumpah Arif.

94 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page