top of page
  • Gambar penulisArif Wijaya

Penerjemah Bahasa Inggris Tersumpah, Tips untuk Memilihnya

Diperbarui: 31 Mei

Saat ini, penerjemahan dokumen Bahasa Inggris memang dapat dilakukan menggunakan tools online. Namun tidak jarang hasilnya kurang akurat, cenderung kaku, bahkan kurang sesuai dengan standar. Untuk keperluan tertentu, Anda tetap membutuhkan ⁠penerjemah bahasa Inggris tersumpah.



Penerjemah Bahasa Inggris Tersumpah


Apa Itu Penerjemah Tersumpah?


Penerjemah tersumpah adalah seseorang individu yang mempunyai kualifikasi penerjemahan teks dan telah lulus ujian kualifikasi penerjemah yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi. Selain itu, penerjemah ini juga telah diangkat sumpah oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia.


Untuk menjadi seorang penerjemah tersumpah, seseorang harus melewati berbagai tes kualifikasi penerjemahan dengan nilai minimal tertentu. Setelah lulus, mereka akan mendapatkan sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia).


Seorang penerjemah tersumpah merupakan penerjemah resmi yang diperlukan jika hasilnya akan diajukan ke otoritas pemerintah. Oleh karena itu, seorang penerjemah tersumpah akan mengerjakan dokumen yang berhubungan dengan legalitas dan pemerintahan.



Dokumen yang dapat diterjemahkan beragam, mulai dari Perjanjian, Kontrak, Akta Notaris, Dokumen Pengadilan, Izin Usaha, Dokumen Legalitas Perusahaan, Laporan Audit, Akta Kelahiran, Ijazah dan Transkrip Nilai, Surat Nikah, KTP, hingga Surat izin ekspor-impor. Beberapa dokumen lain yang dibutuhkan untuk kuliah atau bekerja di luar negeri juga dapat diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah.


Memilih Penerjemah Tersumpah Bahasa Inggris


Tidak semua orang yang berprofesi penerjemah merupakan ⁠penerjemah bahasa Inggris tersumpah. Oleh karena itu. Anda yang ingin menggunakan jasa penerjemah ini tentunya harus memilih orang atau lembaga yang tepat, yakni dengan menerapkan beberapa tips berikut:


1.      Bersertifikat resmi


Profesi penerjemah di Indonesia saat ini sudah semakin berkembang. Tidak sedikit orang yang mulai menawarkan jasa untuk menerjemahkan dokumen tertentu. Alih-alih mendapatkan jasa penerjemah profesional, jangan sampai Anda malah mendapatkan jasa penerjemah abal-abal dan palsu.


Penerjemah tersumpah selalu mempunyai sertifikat resmi. Keberadaan sertifikat inilah yang menandakan bahwa penerjemah tersebut diakui, profesional, dan dapat diandalkan untuk melakukan penerjemahan berbagai dokumen penting.


Tidak ada salahnya menanyakan sertifikat asli yang dimiliki oleh penerjemah tersebut. Anda juga dapat mengecek sertifikat yang dimiliki pada website-nya atau langsung ke kantor penerjemahnya sehingga lebih pasti dan terjamin. Dengan begitu, dokumen Anda akan diterjemahkan pada orang yang tepat dengan keabsahan yang sama seperti dokumen aslinya.


2. Profesionalisme yang tinggi


Jasa ⁠penerjemah bahasa Inggris tersumpah yang profesional tentu menjadi sebuah keharusan apabila Anda ingin menerjemahkan dokumen-dokumen penting. Tidak hanya menjamin keamanan dokumen, pengerjaan terjemahan juga harus tepat waktu sesuai kesepakatan.


Beberapa penerjemah tidak jarang memberikan tenggat waktu selama beberapa hari meskipun tidak sedikit yang bahkan memberikan waktu 1x24 jam tergantung jenis dokumen yang diterjemahkan. Pastikan kembali apakah dokumen Anda dapat dikerjakan sesuai dengan tenggat waktu tersebut.


Selain melihat kualitas terjemahan yang baik dan hasil yang terpercaya, profesionalisme juga tercermin dari tampilan serta isi pada website penyedia jasa penerjemah tersebut. Website yang dibuat asal-asalan tentu akan memberikan kesan yang kurang profesional. Selain itu, saat ini banyak sekali pihak yang membuat website dengan mengaku sebagai Penerjemah Tersumpah, namun website milik suatu lembaga perantara jasa terjemahan dan bukan individu. Penerjemah Tersumpah adalah seorang individu dan bukan lembaga.


3. Cek testimoni pengguna lain


Penting juga untuk mengetahui testimoni dari pelanggan yang sudah menggunakan jasa penerjemah tersumpah tersebut. Anda dapat menanyakan langsung kepada teman atau saudara yang pernah menggunakan jasa penerjemahan untuk mengetahui kesan mereka.

Dapat juga dilihat dari testimoni pengguna yang biasanya muncul di internet atau sosial media. Apabila banyak pelanggan merasa puas dengan hasil dan layanan terjemahan yang ditawarkan, tentu akan menjadi gambaran kualitas yang dimiliki oleh jasa penerjemah tersebut.


Tidak ada salahnya Anda mempunyai beberapa pilihan penerjemah yang didapatkan dari biro atau media sosial. Tentunya, memeriksa review pelanggan dapat membantu Anda membandingkan serta memilih penerjemah yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan.


4. Perhatikan kualitas penerjemahan


Kualitas ⁠penerjemah bahasa Inggris tersumpah sejatinya memang tidak perlu diragukan lagi karena mereka telah mencapai kualifikasi yang tinggi. Akan tetapi, tidak sedikit penerjemah yang belum memberikan kualitas terjemahan yang baik dan akurat.


Itulah mengapa Anda perlu meninjau kembali hasil penerjemahan yang dilakukan pada dokumen-dokumen penting. Cek kembali apakah format dokumen mirip dengan apa yang diharapkan, jangka waktu yang sesuai, hingga kualitas penerjemahan yang baik.

Selain melihat testimoni pengguna, Anda juga dapat menguji kemampuan penerjemah terlebih dahulu dengan memberikan beberapa bagian teks untuk diterjemahkan. Apabila sesuai dengan yang diinginkan, Anda dapat melanjutkan untuk menggunakan jasa penerjemah tersebut.


Memilih Penerjemah yang berkualitas sangatlah penting, karena terkadang Anda sebagai klien tidak dapat mengecek hasil pekerjaan dari seorang Penerjemah dan bahkan Anda sendiri tidak tahu apakah hasil yang Anda pesan diterjemahkan dengan baik karena Anda bukan ahli di bahasa tersebut. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selektif sebelum menggunakan jasa seorang Penerjemah.


5. Lokasi kantor yang jelas



Seorang penerjemah biasanya bekerja secara mandiri, namun tidak ada salahnya jika Anda memilih penerjemah tersumpah yang memang sudah mempunyai kantor sehingga terlihat lebih profesional. Meski demikian, pastikan lokasi kantornya jelas dan dapat diakses secara mudah.

Jasa penerjemah yang baik akan selalu mencantumkan alamat dan lokasi kantornya pada media sosial maupun website resminya. Dengan demikian, pelanggan akan lebih mudah mengetahui tempat penerjemahan sehingga jasa tersebut dapat dipercaya dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.


Lokasi kantor yang jelas memungkinkan Anda untuk datang dan berkonsultasi secara langsung mengenai dokumen apa yang akan diterjemahkan, jangka waktu penerjemahan, hingga teknis penerjemahan lain sesuai dengan kebutuhan Anda.


6. Jaminan kerahasiaan dokumen


Selalu pastikan Anda memilih jasa ⁠penerjemah bahasa Inggris tersumpah yang dapat menjamin kerahasiaan dan keamanan dokumen secara ketat. Jaminan ini sangat penting sehingga dokumen-dokumen pribadi Anda tidak bocor dan tetap terlindungi.


Oleh karena itu, tidak ada salahnya menanyakan tentang jaminan tersebut, terlebih saat ini banyak perusahaan penerjemah yang melibatkan banyak orang dalam proses penerjemahannya. Hal inilah yang sering kali menjadikan kerahasiaan dokumen tidak selalu dapat dipastikan.


Hal ini juga penting ketika Anda harus mengirimkan dokumen tersebut melalui email atau ekspedisi pengiriman. Tentu saja Anda wajib berhati-hati agar dokumen tidak tercecer bahkan hilang dan disalahgunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab.


7. Pertimbangkan harga penerjemahan


Pertimbangan harga jasa penerjemahan juga menjadi poin penting bagi banyak klien. Meski demikian, penting untuk memastikan keseimbangan antara kualitas dan harga jasa yang dibanderol. Umumnya, mengenai harga ini disesuaikan dengan kesepakatan hingga negosiasi dua belah pihak.


Tidak jarang, harga yang ditetapkan disesuaikan dengan jumlah kata, jumlah baris hasil penerjemahan, hingga jumlah halaman dokumen penerjemahan. Dapat juga disesuaikan dengan jenis dokumen yang akan diterjemahkan, seperti ijazah, akta, dokumen hukum, dan sebagainya.


Perlu dipahami jika tarif penerjemah tersumpah biasanya akan lebih mahal dibandingkan penerjemah biasa. Hal ini wajar mengingat dokumen yang diterjemahkan sangat penting dan menyangkut hukum Oleh karena itu, jangan sampai Anda tertipu dengan jasa penerjemah yang asal memberi harga murah.


Itulah beberapa tips sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa ⁠penerjemah bahasa Inggris tersumpah. Dengan memilih jasa penerjemah tersumpah yang terpercaya, tentu bukan hanya dokumen Anda yang aman, namun juga mendapatkan pelayanan maksimal.


Oleh karena itu, percayakan dokumen Anda pada layanan terbaik Penerjemah Tersumpah Arif. Kami tidak hanya menyediakan jasa penerjemahan dokumen resmi, namun juga konsultasi terjemahan dokumen hukum, legalisasi, dan Appostille. Segera hubungi kami untuk info lebih lanjut!

22 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page