top of page
Gambar penulisArif Wijaya

Berapa Biaya Jasa Penerjemah Tersumpah ?

Diperbarui: 31 Mei

Biaya Jasa Penerjemah Tersumpah

Penerjemah tersumpah memainkan peran yang sangat penting dalam menghubungkan komunikasi lintas bahasa secara akurat dan tepat. Mereka memiliki keahlian khusus dalam menerjemahkan dokumen resmi atau hukum seperti kontrak, akta notaris, perjanjian, ijazah, raport, akta kelahiran dan dokumen pencatatan hukum lainnya dari satu bahasa ke bahasa lainnya.


Faktor yang mempengaruhi Biaya Jasa Penerjemah Tersumpah


Namun, biaya untuk jasa penerjemah tersumpah dapat bervariasi berdasarkan beberapa faktor, yaitu :


1.      Sumber dan arah bahasa


Jasa terjemahan tersumpah dari bahasa Belanda ke bahasa Indonesia tentu lebih mahal karena mempertimbangkan kelangkaan sumber daya manusia. Di Indonesia sendiri baru ada sekitar 2 atau 3 orang Penerjemah Tersumpah Belanda. Harga di pasar dapat berkisar 400.000 per halaman hasil. Hal ini sangat berbeda dengan bahasa Inggris yang sudah banyak Penerjemah Tersumpahnya.


2.      Lama Pengerjaan


Tentunya lama pengerjaan menjadi faktor utama penentuan harga jasa terjemahan tersumpah. Banyak penerjemah menerapkan harga paket urgent/ekspres untuk kebutuhan kilat.

 

Menurut Peraturan Menteri Keuangan Permenkeu 83/PMK.02/2022 Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2023 Tentang Perubahan Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2023 yang mengatur Satuan Biaya Penerjemahan dan Pengetikan (halaman 86 butir 5), tarif terjemahan adalah sebagai berikut:

NO

URAIAN

SATUAN

BESARAN

5

5.1 Dari Bahasa Asing ke Bahasa Indonesia atau Sebaliknya

 

 

 

a. Bahasa Inggris

Halaman Jadi

Rp100.000

 

b. Bahasa Jepang

Halaman Jadi

Rp420.000

 

c. Bahasa Mandarin

Halaman Jadi

Rp300.000

 

d. Bahasa Belanda

Halaman Jadi

Rp450.000

 

e. Bahasa Prancis

Halaman Jadi

Rp366.000

 

f. Bahasa Jerman

Halaman Jadi

Rp414.000

 

g. Bahasa Asing Lainnya

Halaman Jadi

Rp300.000

 

5 .2 Dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Daerah/Bahasa Lokal atau Sebaliknya

Halaman Jadi

Rp174.000

 

Selain itu, harga tersebut juga diterapkan oleh Himpunan Penerjemah Indonesia sebagai acuan harga jasa terjemahan.


Namun, jika Anda mencari Penerjemah Tersumpah dengan harga yang kompetitif dan hasil yang bagus, anda dapat menhubungi Penerjemah Tersumpah Arif Wijaya atau Kantor Agency Penerjemah Tersumpah Link Translation.

 


Kisaran Harga Jasa Penerjemah Tersumpah 2024

 

Harga jasa penerjemah tersumpah bervariasi secara signifikan, tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan di atas. Secara umum, tarif bisa berkisar dari seratus ribu hingga lima ratus ribu per halaman terjemahan, tergantung pada kompleksitas dan bahasa yang terlibat.

 

Sebaiknya untuk mendapatkan perkiraan harga yang akurat, menghubungi beberapa penerjemah yang terpercaya, memberikan rincian spesifik tentang dokumen yang akan diterjemahkan, serta menanyakan perincian harga berdasarkan faktor-faktor yang relevan.

 

Dalam memilih penerjemah, kualitas, akurasi, dan keandalan biasanya lebih penting daripada hanya mempertimbangkan biaya. Perhatikan reputasi dan pengalaman penerjemah untuk memastikan dokumen Anda diterjemahkan dengan tepat dan akurat sesuai kebutuhan Anda.

110 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page